INFO JAKARTA

Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto Tinjau Arus Mudik Lebaran 2024 di Terminal Kalideres

JAKARTA – Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Barat mengecek suasana arus mudik lebaran 2024 untuk memastikan kondisi dan situasi amannya dan nyanannya di Terminal Bus Kalideres, Senin (8/4/2024).

“Tadi sudah mengecek di Posko Terpadu, terima kasih kepada petugas, yang telah melaksanakan tugas selama Ramadhan hingga menjelang Idul Fitri. Sampai saat ini kondisi di Terminal Kalideres aman dan terkendali,” ujar Uus Kuswanto bersama Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M Syahduddi dan Dandim 0503/JB, Letkol Inf E S Putra Siregar di Terminal Bus Kalideres.

Menurutnya, berdasarkan laporan dari kepala terminal Kalideres, puncak arus mudik terjadi pada H-3 lebaran tahun 2024, mencapai 6.405 pemudik yang diberangkatkan. Sedangkan pada H-2, diperkirakan berjumlah 3000 pemudik.

“Mudah-mudahan lonjakan penumpang kemarin menunjukkan bahwa geliat perekonomian di Jakarta, sudah semakin membaik. Sehingga, kami bersama TNI-Polri memonitor agar situasi dan kondisi keamanan di Jakarta Barat tetap terkendali,” kata Uus.

Pihaknya juga berharap, pemudik agar selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan selama melakukan mudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

“Bagi yang tidak mudik, untuk bersama-sama, menjaga Jakarta, khususnya Jakarta Barat agar tetap aman dan terkendali,” tambahnya.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto bersama Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M Syahduddi dan Dandim 0503/JB, Letkol Inf E S Putra Siregar, meninjau sejumlah posko pelayanan masyarakat, seperti Posko terpadu, posko kesehatan dan Posko PMI Jakarta Barat.

Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto juga sempat berdialog kepada calon pemudik yang tengah menunggu kedatanganan bus yang akan memberangkatkan para pemudik.

“Pada mudik kemana,” tanya Uus Kuswanto pada pemudik.

“Kami hendak pulang ke Palembang. Sudah dari pagi, saya menunggu bus tapi tak kunjung datang,” jawab seorang pria dengan logat Palembang.

Di tempat yang sama Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen mengatakan bahwa puncak arus mudik terjadi pada H-3 atau pada 7 April 2024 kemarin. Terminal Kalideres pada H-3 sebanyak 6.405 penumpang diberangkatkan denganĀ 322 bus.

“Para pemudik itu berangkat menggunakan 322 bus. Tujuan Sumatera, Yogyakarta, Tegal, Wonosobo dan Surabaya,” jelas Revi.

(Johnit Sumbito)