TNI & POLRI

Jenderal TNI Andika Perkasa Resmikan Rutan Militer Berbasis Smart Technology

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Untuk pertama kalinya TNI Angkatan Darat memiliki smart instalasi tahanan militer. Smart ini karena memang berbasis ICT atau information communication technology. Sehingga semuanya ini sudah diintegrasikan sedemikian rupa sehingga menjadi tahanan militer yang canggih dan efisien.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa meresmikan rumah tahanan militer berbasis artificial intelligence (AI). Instalasi smart berbasis teknologi canggih pertama di Indonesia ini berada di Markas Polisi Milter Kodam Jayakarta (Mapomdam Jaya), Jakarta Selatan, Selasa (20/04/2021).

Kasad menyatakan, instalasi tahanan militer ini sangat aman dan juga terkendali. Sebab menurutnya, semua aktivitas telah terprogram secara otomatis.

“Jadi tidak lagi misalnya manual penguncian kemudian nyala lampu dan semuanya. Jadi semuanya sudah diprogram secara elektronik sehingga bisa otomatis,” ucapnya.

Selain itu, kata Jenderal TNI Andika, bahwa instalasi tahanan tersebut, disebutnya lebih manusiawi. Kasad menyampaikan, tak akan ada lagi kekerasan yang terjadi di ruang tahanan.

“Instalasi tahanan ini lebih manusiawi. karena tidak mungkin lagi ada bullying di dalam. Segala bentuk gerakan itu ada analisisnya dan analisisnya dilakukan langsung oleh artificial intelligence, jadi sudah otomatis,” kata Kasad.

Rumah tahanan militer yang canggih ini berdiri di atas tanah seluas 1.500 meter persegi dan mampu menampung tahanan mencapai 83 orang binaan.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan