Peringati May Day 2021, Buruh di Kabupaten Malang Tidak Turun Jalan

Spread the love

MALANG, INFOMALANGNEWS.com – Memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, pada Sabtu (1/5/2021) besok, buruh yang berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur dipastikan tidak turun ke jalan. Hal ini dilakukan, karena situasinya masih dalam masa pandemi Covid-19.

Namun, menjelang May Day tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Malang mengundang seluruh serikat buruh untuk memperkuat ikatan batin dalam menjaga iklim industrial di wilayah Kabupaten Malang.

“Tujuan dari pertemuan ini, adalah sebagai penegasan bahwa serikat buruh dan pemerintah memiliki ikatan batin yang kuat untuk menjaga iklim industrial di Kabupaten Malang tetap kondusif,” ujar Kepala Disnaker Kabupaten Malang, Yoyok Wardoyo, Jumat (30/4/2021).

Menurut dia, dengan adanya sinergitas tersebut, akqn menciptakan ikatan batin kuat antara serikat buruh dan pemerintah sebagai pemangku wilayah, apabila ada permasalahan di perusahaan bisa diselesaikan secara elegan.

Oleh sebab itu, dengan adanya sinergitas yang kuat juga bisa mengakibatkan hubungan industrial kondusif. Ia berharap investor banyak berdatangan sehingga lapangan pekerjaan lebih terbuka untuk menyerap tenaga kerja dari masyarakat Kabupaten Malang.

Disoal kegiatan buruh dalam memperingati May Day tahun ini, tegas Yoyok, bahwa serikat buruh di wilayahnya tidak akan menggelar aksi. Sebagai gantinya, sebagian besar serikat buruh akan melaksanakan aksi sosial.

“Yang jelas, untuk memperingati May Day tahun ini serikat buruh akan mengadakan aksi sosial. Karena, saat ini masih suasana Ramadan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Front Pembela Buruh Indonesia (FPBI) Jawa Timur, Lutfi Chafid mengatakan, bahwa pihaknya merasa terbantu oleh peran pemerintah melalui Disnaker Kabupaten Malang, Jatim.

Dia juga mengungkapkan, sangat perlu membangun hubungan dengan pemerintah untuk menyelesaikan masalah buruh bukan pada tingkat analisisnya tapi bagaimana persoalan buruh bisa terselesaikan.

“Kerjasama dengan Disnaker ini sangat perlu, meskipun kita tahu dinas itu tidak diberi kewenangan lebih untuk menyelesaikannya,” jelasnya.

Terkait dengan May Day besok, lanjut Lutfi Chafid, bahwa pihaknya menekankan para buruh tidak turun ke jalan untuk lakukan aksi. Ini dilakukan, dalam upaya menaati protokol kesehatan di masa pandemi saat ini.

“Kami putuskan, 1 Mei 2021, tidak diperingati karena kami sepakat dengan komitmen kami sampaikan ke pihak kepolisian Polres maupun Polda. Bahwa, kami menaati protokol kesehatan,” tegas Lutfi.

Seperti diketahui, menjelang peringatan Hari Buruh tahun ini, Disnaker Kabupaten Malang melakukan pertemuan dengan perwakilan serikat buruh. Adapun serikat buruh yang hadir diantaranya SPBI, SPSI, APSM, SPRTMM, FPBI.

Penulis: Putut

Editor : Johnit Sumbito

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.