Cegah Covid 19, Dishub Jak-Bar Giring Penumpang Bus AKAP ke Terminal Kalideres

Spread the love

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Dalam rangka mencegah meningkatnya Covid-19, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat Erwansyah didampingi Kepala Seksi Operasional Wildan Anwar mengerahkan dua tim tindak bersama jajaran TNI,Polri untuk mengantispasi arus balik pemudik disejumlah titik pasca lebaran Idul Fitri 1442 H, Rabu (19/5/2021).

Pengetatan arus balik dilakukan  secara mobile, dua tim juga melakukan patroli saat kedapatan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang menaikan dan menurunkan penumpang tidak pada tempatnya kemudian menggiring ke Terminal Kalideres.

“Pengawasannya di lapangan, apabila personel gabungan mendapatkan bus AKAP harus di pandu oleh petugas dan digiring ke terminal kalideres,” ujar Erwansyah.

“Malam ini mendapati dua Bus AKAP jurusan Madiun-Jakarta di Jalan Daan Mogot m, Sumur Bor Cengkareng, lalu bus AKAP tersebut diarahkan petugas ke Terminal Kalideres,” ucapnya.

Sementara Herlembeng (34) salah satu penumpang Bus AKAP melakukan protes terhadap petugas yang sedang menggiring sebuah bus yang ia tumpangi.

“Pak saya orang sini, rumah saya sudah deket pak, saya anak sini pak ,sudah deket pak, kok harus dibawa ke terminal segala,” teriak Herlambang kepada petugas.

Meski berusaha protes, Herlambang pun terpaksa harus mengikuti peraturan pemerintah dalam rangka pencegahan covid-19.

Selanjutnya, para pengemudi dan 20 penumpang Bus AKAP dilakukan Rapid Test Antigen dan Ge Nose secara gratis, hal ini di lakukan dalam upaya pencegahan covid 19.

Sementara itu penggiringan terhadap bus AKAP tersebut, Pihak Sudinhub Jakarta Barat juga telah berkoordinasi dengan Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain yang telah menyiapkan dua posko layanan kesehatan untuk pemeriksaan Rapid Test Usap Antigen dan tmTest Ge Nose.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen mengatakan, kolaborasi personel gabungan terdiri dari TNI/Polri, BPBD, Satpol PP serta personel Sudinhub JyanJakaBarat guna membantu penanganan pencegahan Covid-19 saat ini.

“Tenaga medis sudah disiapkan dari Dinas maupun Sudin Kesehatan dan dibantu petugas Puskesmas Jakarta Barat,” kata Revi.

Herman (43) salah satu awak supir Sudiro Tungga Jaya merasa senang setelah dilakukan Test Swab Antigen gratis dengan hasil negatif.

“Saya senang dan setuju sekali dengan program yang dilakukan pemerintah ini pak, biar Covid-19 cepat sirna,” ungkapnya.

Jika ada pemudik positif COVID-19, kata Revi, maka akan dievakuasi ke Puskesmas terdekat untuk ditest Usap Berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR) yang lebih akurat.

“Bagi penumpang yang positif Covid-19 maka mereka akan dievakuasu ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan Test Usap berbasis PCR,” jelasnya.

Sementara itu dari hasil data sementara, diketahui pelaksanaan Rapid Test Antigen dan GeNose Covid-19 di Terminal Bus Kalideres  Rabu 19 Mei 2021 pada Pukul 00:00 WIB hingga pukul20:00 WIB, untuk Rapid Test Antigen telah dilakukukan 205 penumpang sebagai Peserta Sampling hasinya negatif dan tidak ada penumpang yang positif. Sedangkan bagi peserta GeNose C19 sebanyak 131 penumpang secara keselutuhan hasilnya negatif.

“Kami menghimbau kepada pengemudi dan penumpang Bus AKAP di arus balik mudik ini agar berhenti di terminal yang resmi dan dilakukan tes antigen atau Ge Nose terdahulu dalam Upaya pencegahan Covid 19,” pungkas Revi.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.