NASIONAL

TNI-Polri Amankan Event Internasional Presiden Jokowo Resmikan Sirkuit Mandalika

NUSA TENGGARA BARAT, infoMALANGNEWS.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Pertamina Internasional Mandalika Street Circuit (Sirkuit Mandalika) yang berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Peresmian Sirkuit Mandalika itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti, setelah Presiden Jokowi terlebih dahulu mencoba lintasan sirkuit sepanjang 4,3 KM tersebut dengan menggunakan motor Custom Kawasaki W175, dan didampingi oleh empat pembalap Indonesia yang akan berlaga di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC).

Hal ini disampaikan Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, usai peresmian Sirkuit Mandalika di sela-sela mendampingi Presiden RI saat akan melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Nurul Bilad Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Jumat (12/11/2021).

Sementara salam keterangan tertulis Penerangan Korem 162/WB, kata Danrem 162/WB, bahwa Sirkuit yang pengaspalan lintasannya menggunakan stone mastic asphalt ini benar-benar sudah layak dan siap digunakan untuk penyelenggaraan event internasional Superbike pada tanggal 19 hingga 21 November mendatang, maupun MotoGP tahun depan.

“Bapak Presiden sudah meresmikan Sirkuit Mandalika, maka NTB sudah siap menjadi tuan rumah ajang balap kelas dunia Superbike dan MotoGP, ” ujar Danren 162/WB, Sabtu (14/11/2021).

Selain meresmikan Sirkuit Mandalika, lanjut Brigjen TNI Rizal Ramdhani, Presiden Joko Widodo juga meresmikan Jalan Bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dengan KEK Mandalika.

“Tamu atau wisatawan yang nanti berkunjung ke Mandalika bisa langsung melalui jalan sepanjang 17,3 kilometer ini dengan jarak tempuh sekitar 15 menit saja,” terangnya.

Danrem menambahkan, bahwa TNI Polri bersama pemerintah daerah maupun Stakeholder terkait lainnya di NTB sudah siap mendukung kelancaran pelaksanaan berbagai event Internasional yang akan digelar di Sirkuit Mandalika.

“Kami sudah menyusun dan menyiapkan dengan matang rencana pengamanan untuk mendukung kelancaran IATC dan Superbike maupun MotoGP, Skenario pengamanan juga sudah dilatihkan baik secara parsial ataupun gabungan,” pungkasnya.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di NTB, Presiden RI, sejumlah Menteri yang mendampingi diantaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Selain itu, Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal juga turut mendapangi Presiden Jokowi.

Sumber: Dispenad

Editor   : Johnit Sumbito

Tinggalkan Balasan