METROPOLITAN

Tangkal Aksi Curanmor, Polrestro Jakarta Barat Luncurkan Alat Saklar Pemutus di Kembangan

infoMALANGNEWS.com, JAKARTA – Polres Metro Jakarta Barat meluncurkan alat saklar pemutus. Saklar pemutus tersebut merupakan alat untuk mencegah dan tangkal aksi pencurian kendaraan bermotor (Cekal Curanmor) yang akhir-akhir ini marak terjadi di wilayah Jakarta Barat.

“Tentunya ini merupakan kegiatan yang sangat positif karena ini bagian dari pada tindakan atau kegiatan pencegahan,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo saat melaunching peluncuran alat saklar pemutus di Balai warga dekat Pasar Jabon, Meruya Utara, Kembangan pada Kamis (17/3/2022).

Dimana Cekal Curanmor ini merupakan salah satu program unggulan Polres Metro Jakarta Barat dalam mengantisipasi maraknya aksi pencurian sepeda motor.

Program Cekal Curanmor ini diprakasai oleh Kapolsek Kembangan Kompol binsar H Sianturi.

Ady juga menjelaskan, bahwa proses pemasangan juga cukup mudah. Yakni hanya memakan waktu 5 sampai 10 menit.

Apalagi, dalam memasang alat saklar pemutus, pihaknya menggandeng UMKM yang membuka jasa bengkel.

“Sangat mudah, justru saya bilang di awal saat pandemi ini kita mengangkat umkm ini, alhamdulillah harganya juga tidak terlalu mahal pemasangannya juga 5 sampai 10 menit,” jelas Ady.

Sejauh ini, Ady menyebut, sudah ada 150 unit sepeda motor warga yang dipasang alat saklar secara gratis hari ini. Dengan pemasangan alat ini, motor yang terparkir tidak dapat menyala meski kunci kontak sudah dibobol.

Sebab, arus listrik dari aki motor tidak berjalan dan bisa dihidupkan saat tombol on-off yang hanya diketahui pemilik motor itu diaktifkan.

Ady berharap dengan adanya alat ini masyarakat dapat melakukan pencegahan terhadap aksi kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang mengintai di wilayahnya.

“Apalagi saat ini menjelang bulan suci ramadan tren kejahatan cukup meningkat. Ini bagian dari upaya pencegahan,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Kembangan Kota Administrasi Jakarta Barat, Joko Mulyono mengatakan, bahwa pihaknya sangat mengaresiasi dengan diluncurkannya alat saklar pemutus tersebut. Ia memastikan dengan alat saklar pemutus tersebut, kedepannya bisa mencegah meningkatnya aksi kejahatan pencurian kendaraan bermotor.

“Kami sangat mengapresiasi Polres Metro Jakarta Barat, dengan diluncurkannya alat saklar pemutus tersebut. Secara preventif, mudah-mudahan dengan alat ini bisa mencegah maraknya aksi kejahatan curanmor khususnya di Jakarta Barat,” ucap Joko Mulyono.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan