Jelang Nataru 2023, Polres Malang Gelar Rakor Lintas Sektoral

MALANG – infomalangnews.com – Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 Kepolisian Resort Malang Polda Jawa Timur, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral di aula Rupatama Mako Polres Malang, Jalan Jend. A. Yani 01 Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (16/12/2022).

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), organisasi masyarakat, akademisi, dan instansi terkait.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana, didampingi Kasdim 0818 Malang – Batu Mayor Inf Aditya Lian Mahardika dan Asisten 1 Kabupaten Malang  Suwadji.

Kapolres Malang AKBP Kholis melalui Kasihumas Polres Malang IPTU Ahmad Taufik mengatakan, setidaknya 438 personel gabungan akan dilibatkan dalam pengamanan Natal dan pergantian tahun baru 2023. Personel gabungan berasal dari Polres Malang, Brimob, Kodim 0818, Denpom V/3, Satpol PP, Dishub, Dinkes, BPBD, Senkom, PMK, dan LLAJ.

“Perencanaan terkait pelibatan petugas pengamanan sudah dibuat, untuk jumlah total personel akan disampaikan pada saat apel gelar pasukan,” ucap Taufik saat dikonfirmasi di Polres Malang, Sabtu (17/12/2022) siang.

Taufik menambahkan, personel pengamanan akan disebar di Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan Nataru yang tersebar di sejumlah lokasi strategis di Kabupaten Malang. Total ada 5 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan yang akan disiapkan, yakni Pos Pengamanan Kepuharjo Karangploso, Pos Bunut Wetan Pakis, Pos Jalibar Kepanjen, Pos Masjid Al Islah Sumberpucung dan Pos JLS Bantur.

“Sedangkan Pos Pelayanan ada di Pos Karanglo Singosari, yang akan menjadi pusat komando pos-pos Operasi Lilin Semeru 2022,” lanjutnya.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang juga akan menyiapkan 2 armada yakni Pos Polisi Mobile dan Gemar yang bisa digerakkan sewaktu-waktu manakala ada kegiatan masyarakat yang membutuhkan kehadiran personel Polri maupun ditempatkan ke beberapa titik padat arus lalu lintas.

“Tidak hanya meningkatkan kedisiplinan masyarakat pengguna jalan saja namun juga untuk mengurai kepadatan sehingga terwujud keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas,” ujarnya.

Taufik berharap, dengan sinergisitas dan kolaborasi yang baik pihaknya berharap selama Nataru kamtibmas tetap terjaga.

Ia juga menghimbau kepada umat Nasrani yang akan merayakan Natal maupun masyarakat yang menyambut malam pergantian tahun, baik di rumah, gereja, maupun di tempat umum agar tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Semoga selama Nataru besok ini situasi Kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Malang aman dan Kondusif,” pungkasnya.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan