METROPOLITAN

Upaya Daop 1 Jakarta Perkuat Struktur Jalur Yang Tidak Terdampak Longsor di Bogor Agar KA Pangrango Dapat Segera Dioperasikan

JAKARTA, infomalangnews.com – Tim prasarana PT.KAI Daop 1 Jakarta bersama DITJENDKA Kemenhub hingga malam ini terus melakukan upaya percepatan perbaikan jalur KA yang terdampak longsor di antara Bogor Paledang – Batu Tulis.

Salah satu upaya dilakukan yaitu perkuatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor, untuk memungkinkan dapat di lewati KA (satu jalur) dengan mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan.

“Sebelum dioperasikan proses ujicoba menggunakan lokomotif juga akan dilakukan. Jika dari sisi keselamatan jalur dinyatakan aman maka KA Pangrango dapat dioperasikan,” ujar Kepala Humas PT KAI (Pesero) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa saat memberikan keterangan persnya, Rabu (15/3/2023).

Eva menjelaskan, untuk jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter, proses perbaikan akan dilakukan dengan sejumlah tahapan pekerjaan sampai di nyatakan aman untuk operasional KA.

“Bagi masyarakat yang telah melakukan pembelian tiket untuk perjalanan hari Kamis 16 Maret 2023), jika KA Pangrango sudah dapat beroperasi maka informasi juga akan diberikan melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket,” jelasnya.

Selain itu, Eva menyebutkan, bahwa berdasarkan data pada Rabu 15 Maret 2023 hari ini, terdapat sekitar 800 tiket yang sudah diproses untuk pembatalan dengan bea tiket yang diganti 100 persen.

“Proses pembatalan tiket bagi calon pengguna yang terdampak pembatalan perjalanan KA Pangrango dapat dilakukan hingga 7 hari kedepan di loket Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi,” terangnya.

(Johnit Sumbito)