METROPOLITAN

Rotasi PJU Polri, Masyarakat Merindukan penegakan Hukum Jangan Tajam Kebawah Tumpul Keatas

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Indonesia Police Watch (IPW) memandang rotasi Pejabat Utama (PJU) Polri yang menempatkan Komjen Agus Andrianto sebagai Wakapolri dan Komjen Wahyu Widada menjadi Kabareskrim adalah penempatan posisi yang tepat.

Karena posisi Wakapolri harus diisi oleh perwira tinggi (Pati) Polri senior, sedangkan Komjen Agus Andrianto selaku perwira tinggi Polri Angkatan 89 dan tepat menempati posisi Wakapolri.

“Posisi wakapolri harus dapat mengkonsolidir dan menjaga soliditas intermal Polri dimana terdapat para Pati Polri yang senior masih menjabat dalam posisi-posisi kunci di Polri,” ujar Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/6/2023).

Sugeng menyebutkan, bahwa beberapa saat menjelang pengisian jabatan Wakapolri yang ditinggalkan Komjen Gatot Edy Pramono karena akan pensiun jagat media ramai dengan munculnya isue LHKPN  dan kasus ismail Bolong yang ditujukan oleh Wakapolri yang diisi Komjen Agus Andrianto.

Dalam kaitan ramainya isue tersebut, IPW melihat bahwa dengan diangkatnya Komjen Agus Andrianto dalam jabatan Wakapolri, maka harus dipandang bahwa isue tersebut dinyatakan sudah dipertimbangkan dan dinyatakan clear,” kata Sugeng.

Sementara pengangkatan Komjen Wahyu Widada, kata Sugeng, dia alumni Akpol 91 yang meraih Adhimakayasa sebagai Kabareskrim  oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. “Ini menunjukkan bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sangat responsif atas situasi berkembang ditengah masyarakat yang merindukan fungsi penegakan Hukum Polri Profesional, berkeadilan dan menjauhi penyalah gunaan wewenang, tajam kebawah tumpul keatas,” jelasnya.

Sementara itu berdasarkan catatan IPW, data dari Kompolnas menyatakan, kalau pengaduan masyarakat yang terbesar adalah keluhan terkait penyalah gunaan kewenangan bidang penegakan hukum oleh Polri dalam fungsi Gakum.

“Jadi sosok Komjen Wahyu Widada adalah orang yang tepat untuk menegakkan warwah institusi dan menaikkan citra Polri. Karena dia merupakan sosok yang  cerdas, berwibawa, profesional dan sepi dari isu-isu negatif, disamping merupakan peraih Adhi Makayasa Polri pada angkatan 91,” jelas Sugeng.

Sementara itu penempatan Wakapolri dan Kabareskrim yang baru ini, IPW berharap, tugas Polri dalam memelihara kamtibmas, menegakkan hukum dan memberi perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat agar bisa berjalan dengan baik sesuai dengan Program Presisi Polri.

“Kedepan agar citra Polri dan kepercayaan Publik terhadap Polri tetap terjaga melalui pembenahan-pembenahan dan bersih-bersih yang terus dilakukan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit,” tuturnya.

(Johnit Sumbito)