KABUPATEN

Persiapan Pengamanan Pemilu 2024, Polres Malang Gelar Sispamkota

MALANG, infomalangnews.com – Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, tengah menyiapkan beberapa langkah strategi dalam upaya pengamanan Pemilu 2024 mendatang. Kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan kota (Sispamkota) tersebut digelar di Underpass Simpang Empat Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang, Kamis (31/8/2023).

Kasihumas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik mengatakan,  simulasi Sispamkota  tersebut melibatkan 273 personel gabungan dari Kepolisian, TNI, serta instansi terkait lainnya. Adapun kegiatan tersebut menjadi bukti nyata komitmen Polres Malang untuk menjaga ketertiban dan keamanan selama proses Pemilu 2024.

“Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) ini merupakan langkah strategis yang kami ambil untuk memastikan bahwa kami siap dan mampu menjaga keamanan selama proses Pemilu 2024. Kami bekerja sama dengan berbagai instansi terkait, seperti TNI dan instansi pemerintah lainnya, untuk memastikan bahwa semua tahapan pemilu dapat berjalan dengan lancar dan aman,” kata Taufik di Polres Malang, Kamis (31/8/2023).

Topik menjelaskan, simulasi Sispamkota ini mencakup berbagai aspek pengamanan, mulai dari pengaturan lalu lintas, penjagaan tempat pemungutan suara, hingga penanganan situasi darurat dengan melibatkan personel gabungan yang terlatih dan terkoordinasi dengan baik. “Diharapkan agar Pemilu 2024 me datang dapat berlangsung dengan damai dan aman,” jelasnya.

Pada akhir simulasi, dilalakukan evaluasi menyeluruh untuk mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan dan peningkatan dalam rencana keamanan Pemilu.

“Langkah-langkah strategis seperti ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat keamanan selama proses Pemilu 2024 dan memastikan bahwa masyarakat dapat berpartisipasi dalam proses demokrasi,” ujar Taufik.

Taufik menyebut, Polres Malang berkomitmen untuk menjaga netralitas dan profesionalisme dalam mengawal Pemilu, serta berharap partisipasi aktif dari masyarakat dalam menyukseskan proses demokrasi. Dengan langkah-langkah strategis seperti simulasi. Polres Malang siap menghadapi tantangan demi terciptanya proses pemili 2024 aman dan adil.

“Upaya ini diharapkan dapat memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa Pemilu 2024 akan berjalan dengan lancar dan aman,” pungkasnya.(*)

(Johnit Sumbito)