INFO JAKARTA

Pembuatan Dam air di Jalan Daan Mogot Mangkrak Penyebab Wilayah RW 03 Cengkareng Timur Sering Banjir

JAKARTA – Pembuatan dam penampungan air di Jalan utama Daan Mogot Cengkareng, Jakarta Barat mangkrak tahunan sebagai penyebab 3 wilayah RT di RW 03, Cengkareng Timur kerap kebanjiran.

Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) RW 03 Kelurahan Cengkareng Timur Yusuf mewakili warga menilai, mangkraknya pembuatan dam air di Jalan Daan Mogot tersebut, dianggap sebagai penyebab utama wilayah RT 09, 011 dan RT 12 RW 03 sering kebanjiran.

“Pembangunan dam air di jalan Daan Mogot yang dibiarkan mangkrak oleh pihak Sumber Daya Air (SDA) Jakarta itu adalah penyebab utama di 3 wilayah RT di RW 03 sering kebanjiran,” ujar Yusuf ketika dikonfirmasi, Senin (28/4/2024).

Yang kedua, kata Yusuf, bangunan kios – kios semi permanen diata salurm besar di Pakuwon Jalan Bangun Nusa Raya tersebut juga sebagai penyebab banjir di permukiman RW 03.

“Kalau masalah banyaknya bangunan kios semi permanen di jalan Bangun Nusa Raya , Lurah dan camat juga juga sudah mengetahui. Dulu pernah dibahas melalui rapat di kantor Kecamatan Cengkareng, ternyata samapi sekarang tidak ada tindak lanjutnya bahkan banjir di permukiman lebih parah setiap ada hujan,” jelasnya.

Yusuf mewakili warga di RW 03 berharap, pihak SDA agar segera membereskan pembutan dam air yang saat mangkrak di jalan Daan Mogot. Selain itu pihak Pemkot Jakarta Barat suapaya menertibkan bangunan – bngunan kios yang berdiri diatas saluran karena dianggap juga salah satu penyebeb seringnya banjir di permukiman.

“Harapan kami, yang pertama SDA harus membereskan pembuatan dam air yang sudah lama mangkrak di jalan Daan Mogot. Yang kedua pihak Pemkot Jakarta Barat supaya menertibkan bangunan – bngunan kios yang berdiri diatas saluran air agar petugas UPK air mudah membersihkan endapan sampah dan lumpur dalam saluran air itu,” pungkas Yusuf.

(Johnit Sumbito)