KECAMATAN

Kabar Gembira, Kades Pondok Agung Mulai Bangun Pemanfaatan Sumber Mata Air Gunung Untuk Warganya

KASEMBON, infomalangnews.com – Kepala Desa Pondok Agung, Kasembon, Kabupaten Malang, Sutrisno melaksanakan selamatan (Syukuran) di lokasi sumber mata air gunung di Dusun Mendalan, Jumat (19/5/2023).

Syukuran (Selamatan) dengan ambengan nasi tumpeng berikut jajanan tersebut, bertanadanya dimulianya pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana pemanfaatan sumber mata air murni dari alam di wilayah Dusun Mendalan, Desa Pondok Agung.

“Adanya sumber mata air yang ada di kawasan Susun Mendalan ini kita manfaatkan, karena airnya murni dari alam, untuk itu mulai hari ini Jumat 19 Mei 2023 kita mulau pelaksanaan pembangunan bak kontrok penampungan air,” ujar Kepala Desa Pondok Agung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Sutrisno saat dikonfirmasi dilokasi, Jumat (19/5/2023).

Dalam kegiatan tersebut, Kades Pondok Agung Sutrisno didampingi Babinsa Desa Pondok Agung Koramil 0818/03 Kasembon Sertu Rokhmad Rodiin,  Bimas Desa Pondok Agung Polsek Kasembon Briptu Rico Oktriawan dan Kepala Dusun Mendalan Sulismiyanto serta perangkat Desa Pondok Agung.

Usai selamatan buka bumi yang dipimpin oleh Kades Pondok Agung, Sutrisno, Warga sekitar langsung memulai pembangunan bak penampungan air dari sumber mata air di Dusun Mendalan, Desa Pondok Agung, Jumat (19/5/2023). Foto/infomalangnews.com

Pembangunan fasilitas sumber mata air itu, kata Sutrisno, di wacanakan akan rampung pada bulan Agustus 2023 mendatang. Selanjutnya akan disalurkan ke masyarakat yang wilayahnya kekurangan air besih.

“Sekitar bulan Agustus 2023 pembangunan bak penampunan air itu selesai, setelah itu air akan kita salurkan ke masyarakat yang wilayahnya kekuarangan air bersih,” kata Kades.

Sementara Kepala Dusun (Kasun) Mendalan Sulismiyanto menambahkan, bahwa dimulainya pembangunan pemanfaatan sumber mata air tersebut, nantinya air untuk tahap awal akan disalurkan ke dua dusun terlebih dahulu, diantaranya Dusun Bocok dan Dusun Sambirejo. Apabila nantinya debit air melebihi dari kapasitas akan berlanjut disalurkan ke wilayah lain. Yakni Dusun Pondok dan Dusun Sukorejo (Kampungan)

“Sumber mata air yang ada di lahan tanah yasan (Pemajakan) saya pada tahap awal nanti akan disalurkan ke dua dusun dulu, diabtaranya dusun Bocok dan Dusun Sambirejo baru ke dusun lainnya,” kata Sulismiyanto.

Dalam kesempatan yang sama, Baninsa Desa Pondok Agung Koramil 0828/03 Kasembon Sertu Rokhmad Rodiin, pihaknya sangat mengapresiasi atas  terlaksananya program pemanfaatan sumber mata air dikawasan tanah yasan (Tanah Pemajakan) di RT 01 RW 01 Dusun Mendalan, Desa Pondok Agung tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi Kades Pondok Agung Suteisno dan Kasun Mendalan Sulismiyanto atas terlaksananya program pembangunan pemanfaatan sumber mata air gunung tersebut. Harapan saya, kedepan agar warga yang kekurangan air bersih bisa terbantu pamasokan air bersih,” ucap Rokhmad.

(Johnit Sumbito)