METROPOLITAN

Pengamanan Jumat Agung dan Paskah, 2.500 Pasukan Gabungan Diterjunkan di Jakarta Barat

JAKARTA, INFOMALANGNEWS.com – Sebanyak 300 personel gabungan di Jakarta Barat apel kesiapan pengamanan Jumat Agung dan Paskah 2021 di halaman Museum Kota Tua Jakarta Barat, Jumat (2/4/2021).

Dalam pengamanan Jumat Agung dan Paskah ini sebanyak 2500 diterjunkan dilokasi lokasi gereja yang berada di Jakarta Barat.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo dan Dandim 0503 JB Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki. Personel gabungan tersebut, diantaranya TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Citra Bhayangkara dan Mitra Babinsa.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan, untuk kegiatan pengamanan Hari Raya Paskah tahun 2021 sampai hari ini berlangsung dengan aman dan kondusif.

“Alhamdulillah semua pelaksanaan kegiatan bisa terlaksana dengan baik kegiatan ini” ujar Kombes Pol Ady Wibowo.

Adapun dalam pelaksanaan tentunya terbagi dari beberapa hari yang tentunya kita juga atur pengamanannya setiap harinya mulai dari Kamis putih Jumat Agung Sabtu suci dan Minggu Paskah dalam waktu dekat ini.

Ady menjelaskan, rangkaian pengamanan yang panjang ini kami mendapat dukungan baik dari Kodim 0503 Jakarta Barat maupun dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat maupun dukungan dari masyarakat sampai paskah nanti.

Sehingga Ia bisa mengalokasikan/menentukan pengamanan yang cukup maksimal, pihaknya mendapat dukungan pengamanan dari Polda Metro Jaya dan juga dari Kodam yang diberikan untuk pengamanan wilayah Jakarta Barat.

“Ada sekitar 2.500 personil gabungan yang diterjunkan dalam pengamanan ibadah Jumat Agung maupun Minggu Paskah,” ujar Kapolres.

“Untuk saat ini ada 120 gereja di Jakarta Barat dimana 48 gereja yang melakukan kegiatan ibadah secara daring atau online, sekitar 72 gereja melaksanakan kegiatan dengan cara tatap muka,” tutupnya.

Sementara Walikota Jakarta Barat, Uus Kuswanto mengatakan, kegiatan pengamanan ini sudah sering dilaksanakan baik pengamanan perayaan besar lainnya hingga pengamanan paskah kali ini.

“Dalam pengamanan ini pihaknya juga telah berkoordinasi baik dari Polres Metro Jakarta Barat maupun kodim 0503 JB sehingga dapat memetakan titik wilayah yang mendapatkan pengamanan,” ujar Uus.

Sementara itu Dandim 0503 JB Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki menyebutkan,  dalam pengamanan ini pihaknya juga mendapat bantuan dari kodam Jaya sekitar 1 SSK dan 300 personil dari Kodim 0503 JB Jakarta Barat.

“Pengamanan ibadah Jumat Agung dan Paskah pihaknya juga menurunkan 4 unit anoa maupun Panther,” tandas Dandim Kolonel Inf Dadang Ismail Marzuki.

(Johnit Sumbito)

Tinggalkan Balasan