Diterjang lahar Letusan Gunung Kelut Jembatan Kali Konto Pondok Agung Ambrol, Warga Berharap Pemkab Malang Segera Diperbaiki

KASEMBON, infoMALANGNEWS.com – Jembatan kali Konto yang memhubungkan antara wilayah Desa Pondok Agung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang dengan wilayah Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri masih terlihat mangkrak setelah ambrol akibat diterjang lahar dingin pasca letusan gunung Kelut pada tahun 2014 silam.

Mangkraknya jembatan kali Konto yang sudah berjalan 7 tahun ini, warga Dusun Pondok, Desa Pondok Agung, Kecamatan Kasembon berharap Pemerintah Kabupaten Malang supaya segera meperbaiki.

“Kami khususnya warga Pondok Agung berharap Pemerintah Kabupaten Malang segera memperbaiki jembatan kali Konto yang 7 tahun tidak berfungsi akibat ambrol diterjang lahar dingin dari letusan gunung Kelut pada tahun 2014 lalu,” ujar Nari salah satu warga dusun Pondok, Desa Pondok Agung, Minggu (19/12/2021).

Nari juga mengungkapkan, bahwa dari sejak ambrolnya jembatan kali Konto dari tabun 2014 hingga saat ini juga sering ditinjau oleh aparatur Pemkab Malang. Namun seringnya peninjauan itu sampai saat ini tahu  2021 juga belum ada mepastian adanya pembangunan (perbaikan) jembatan tersebut.

“Sepengetahuan saya sudah ada 5 kali ditinjau oleh aparatur Pemkab Malang, tapi nyatanya sampai sekarang belum juga ada perbaikan,” kata Nari mewakili waga Pondok Agung.

Sementara Tono juga warga Pondok mengatakan, sejak ambrolnya jembatan tersebut, mengakibatkan warga wilayah Pondok Agung, Malang dan warga Siman, Kepung, Kediri kesulitan jalan saat beraktifitas sehari-hari.

“Sejak tidak berfungsinya jembatan kali Konto, warga malang dan Kediri pada saat melakukan aktifitas sehari-hari menuju Jowah Kediri sebaliknya warga Jowah Kediri mau ke Pondok Agung Malang terpaksa harus melalui jembatan Gudang Garang wilayah Desa Bulung, Kasembon. Jadi jauh dari biasanya,” ucap Tono saat dikonfirmasi di rumahnya yang tidak jauh dari jembatan kali Konto.

(Johnit Sumbito)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *