METROPOLITAN

Masa Nataru 2022-2023, Stasiun PasarSenen Sediakan Layanan Porter Gratis Untuk Penumpang Berkebutuhan Khusus

JAKARTA, infomalangnews.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada masa Nataru 2022-2023, Stasiun PasarSenen memberikan pelayanan khusus untuk para pelanggan yang akan melalui jalur penyebrangan bawah (Underpass) untuk menuju kereta yang berada di jalur 3 dan 4.

Adapan pelayanan tersebut, KAI Daop 1 Jakarta menyediakan layanan porter gratis, artinya yang tidak perlu dibayar. Layanan porter gratis tersebut memiliki ciri khusus yakni menggunakan seragam khusus berupa rompi berwarna orange.

“Pelayanan ini, petugas akan secara proaktif membantu penumpang yang terlihat membutuhkan bantuanĀ  khususnya pada lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak-anak yang akan melintasi underpass menuju peron 3 dan 4 saat akan berangkat ataupun sebaliknya,” jelas Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam siaran persnya pada Minggu, (25/11/2022).

Eva menjelaskan, layanan porter gratis tersebut dihadirkan karena pada musim liburan. Sementara karakteristik penumpang KA yang berangkat mayoritas bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan yang cukup banyak.

“Para pelanggan KA di Stasiun Pasar Senen yang akan menuju kereta di jalur 3 dan 4 dapat memanfaatkan layanan porter gratis tersebut. Untuk layanan porter dengan tips jasa sesuai kebijakan pengguna juga masih ada untuk membantu pelanggan KA di area Stasiun,” jelasnya.

Adapun pada masa Nataru 2022/2023, Stasiun PasarSenen merupakan Stasiun KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta untuk pemberangkatan KA Ekonomi yang mengalami peningkatan volume cukup tinggi.

Diketahui, pada Jumat (23/12/2022) lalu, secara total terdapat sekitar 23 ribu pengguna berangkat dari Stasiun PasarSenen. Sementara untuk hari ini pada Minggu (25/12) tercatat sekitar 18.800 penumpang berangkat. meski mengalami penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Desember kemarin.

“Jadi dari jumlah tersebut masih mengalami peningkatan dibandingkan dengan volume di akhir pekan normal dengan rata-rata penumpang berangkat sekitar 11 ribu penumpang,” kata Eva.

PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) mengimbau seluruh masyarakat yang akan menggunakan jasa Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta agar memperhatikan kembali aturan Vaksin terbaru yang telah diberlakukan mengacu Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Libur Hari Raya Natal Tahun 2022 Dan Tahun Baru 2023 :

1. Usia 18 tahun ke atas:
(a) Wajib vaksin ketiga (booster)
(b) WNA yang berasal dari perjalanan luar negeri, wajib vaksin kedua
(c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

2. Usia 6-12 tahun:
(a) Wajib vaksin kedua
(b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
(c) Tidak/belum divaksin harus memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu, atau harus didampingi oleh orang tua/orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap (Vaksin 1, vaksin 2, dan booster 1) selama melakukan perjalanan. Dalam hal orang tua/orang dewasa pendamping belum mendapatkan vaksinasi lengkap karena alasan kesehatan harus dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter penanggung jawab pelayanan sesuai dengan ketentuan protokol Kesehatan bagi pelaku perjalanan.

3. Usia 13-17 tahun:
(a) Wajib vaksin kedua
(b) Berasal dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin
(c) Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah

4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib dengan pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

“KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 sudah dapat dipesan mulai 45 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih,” jelas Eva.

Sementara itu bagi pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga dihimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya untuk menghindari resiko tertinggal KA.

“Masyarakat yang ingin mengetahui ketersediaan tiket dapat melalui jalur online yakni Aplikasi KAI Access yang dapat diunduh secara gratis di perangkat Android dan iOS. Selain pengecekan ketersediaan tiket Aplikasi KAI Access juga dapat digunakan untuk pemesanan tiket, perubahan jadwal dan pembatalan tiket,” pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut, terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Sumber: Humas PT KAI Daop 1 Jakarta

EditorĀ Ā Ā  : Johnit Sumbito