METROPOLITAN

Kurangi Kebiasaan Buruk Buang Sampah Sembarangan, Terbus Kalideres Perbanyak Tempat Sampah

JAKARTA, infomalangnews.com – Kebiasaan buruk para calon penumpang membuang sampah sembarangan di area terminal bus Kalideres, Jakarta Barat,  tentunya dapat mengakibatkan polusi udara dan pencemaran lingkungan.

Agar mereka (para calon penumpang bus) membiasakan hidup disiplin membuang sampah, sejumlah petugas PJLP Terminal bus Kalideres Jakarta Barat, tergerak membuat sejumlah tempat sampah yang ditempatkan di seluruh lingkungan terminal.

Salah satu cara untuk mengurangi kebiasaan buruk itu dengan memanfaatkan sebuah ember bekas cat, disulap menjadi tong sampah yang tertata rapih.

Dari pantauan dilokasi, sejumlah Petugas PJLP di Terminal Bus Kalideres, mereka membuat Kreasi baru, dimana sebuah Tong sampah pilih, dibuat dari bahan bekas ember cat yang disulap menjadi tong sampah, kini tampak terlihat rapih dan indah.

Salah seorang petugas PJLP menyebut Inovasi dan gagasan dalam pembuatan tong sampah tersebut, dibuat dari ember bekas cat, berdasarkan arahan langsung dari Kepala Tetminal Bus Kalideres Revi Zulkarnain.

“Ya kita hanya mengikuti perintah dari Kepala Terminal Bus Kalideres Bapak Revi Zulkatnain dalam berbagai kegiatan dan aktivitas di area Tetminal ini, untuk selalu menjaga kebersihan, keindahan agar para penumpang lainnya merasa nyaman” kata Wawan, Minggu (29/10/2023).

Usai diberikan arahan oleh Kepala Terminal, para petugas PJLP tersebut kemudian langsung mengerjakan dan hasilnya, tampak membuahkan karya hasil yang sangat memuaskan.

Diterminal bus Kalideres tersebut kini terlihat Tong sampah pilah yang bertebaran di area Terminal Bus Kalideres dengan penampilan yang indah sesuai dengan Program Kementerian Lingkungan Hidup.

Indri, salah satu penumpang yang diminta tanggapannya terkait hal itu mengatakan kreatifitas yang di lakukan oleh petugas PJLP terminal bus Kalideres cukup lumayan bagus untuk menjadikan suasana terminal Kalideres menjadi tertib dalam menjaga kebersihan atau ramah lingkungan.

“Hasil karyanya lumayan juga sih pak, ini sangat membantu untuk menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan disekitar terminal Kalideres ini, ya setidaknya ini bisa tertata rapi dalam membuang sampah,” ucap Indri.(*)

(Johnit Sumbito)