KABUPATEN

Danrem 081/DSJ Meriahkan Pagelaran Wayang Kulit di Ponpes Ngalah Pasuruan

PASURUAN, infomalangnews.com – Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Sugiyono turut memeriahkan pagelaran wayang kulit Sinergitas TNI, Polri, Santri dan Masyarakat yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Ngalah, Pasuruan, pada Sabtu (2/9/2023) malam.

Menggunakan pakaian adat jawa dan mengenakan blangkon layaknya seniman, Pamen TNI AD yang juga dikenal sebagai pelestari budaya itu menyumbangkan suaranya dengan menyanyikan lagu Lungiting Asmoro.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyebut, acara ini tidak hanya sarat dengan pesan-pesan sinergitas, namun juga menjadi media pelestarian budaya Indonesia, khususnya wayang kulit.

“Wayang kulit ini adalah warisan budaya yang menjadi kebanggaan negara Indonesia. Kita harus melestarikannya. Jangan sampai anak cucu kita tidak mengenali wayang ini,” kata Panglima TNI dalam sambutannya.

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf mengatakan, acara itu merupakan momentum yang tepat untuk menunjukkan betapa pentingnya sinergi antar elemen dalam negara ini.

“TNI-Polri, santri, masyarakat, dan kita semua memiliki peran penting dan harus selalu bekerja sama untuk menjaga kehidupan bermasyarakat yang harmonis. Seperti malam ini kita seluruhnya membaur dan menjadi satu,” ujarnya.

Pada acara yang menggabungkan nilai-nilai budaya, pendidikan, dan sinergitas lintas sektoral itu juga dirangkaikan dengan peresmian gedung merah putih Universitas Yudharta yang berada di dalam lingkungan Pondok Pesantren Ngalah.(*)

(Johnit Sumbito)