KABUPATEN

Babinsa Banjar Serka Suharjo Bersama BPBD Trenggalek Atasi Kekeringan di Desa Banjar

TRENGGALEK, infomalangnews.com – Kekeringan yang melanda Desa Banjar, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, kini menjadi perhatian serius Babinsa Banjar Serka Suharjo dan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, Sabtu (2/9/2023).

Lokasi yang menjadi fokus dalam peninjauan, Dusun Sambeng, Desa Banjar, yang terdiri dari satu RT dengan 86 Kepala Keluarga (KK) dan total 248 jiwa.

“Kondisi semakin parah akibat kekeringan, warga setempat mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar Babinsa Banjar Serka Suharjo saat di lpkasi bersama tim BPBD Kabupaten Trenggalek, Sabtu (2/9/2023).

Suharjo menjelaskan, kegiatan peninjauan ini bukan hanya dilakukan oleh pihaknya saja, namun juga melibatkan sejumlah pihak, termasuk Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC), Relawan BPBD Kecamatan Panggul, Kepala Dusun Sambeng Rohmat, serta Ketua RT 33 RW 04 Seni setempat.

Selama peninjauan, tim mendengarkan keluhan dan kebutuhan warga dengan seksama. Mereka mencatat berbagai masalah yang dihadapi oleh warga, termasuk kekurangan pasokan air bersih, kerusakan tanaman pertanian, serta potensi ancaman kesehatan yang timbul akibat kekeringan.

“Jadi dari  informasi yang diterima, sehingha tim dapat merancang langkah-langkah konkret untuk membantu masyarakat Desa Banjar mengatasi krisis air bersih,” jelasnya.

Tidak hanya itu, sebut Suharjo, ia juga memberikan bantuan air bersih dan kebutuhan dasar lainnya, tim juga berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada warga tentang praktik-praktik hemat air dan strategi pencegahan kekeringan di masa depan.

“Langkah proaktif untuk membantu masyarakat menjadi lebih tangguh menghadapi tantangan lingkungan seperti kekeringan yang terjadi saat ini,” jelasnya.

Reporter: Sambayu
Editor     : Johnit Sumbito